Senin, 18 April 2011

SHAHRUKH KHAN Profile

Tanggal Lahir: 2 November 1965, New Delhi, India.
Nickname: King Khan, SRK, Badshah Bollywood.
Tinggi: 5'8 "(1,73 m)
Menikah dengan: Gauri Khan,Tanggal Lahir: 8 Oktober 1970, India.Nama Lahir: Chibber Gauri
Jumlah perkawinan: Satu (Gauri Khan, anak-Arya & putri-Suhaana)
Kebanyakan Ingat Untuk: Baazigar, Daar Kuch, Kuch Hota Hai
Proses pengadilan yang terlibat: Tidak ada
Penjara jangka dilayani: Tidak ada
Biografi: Shah Rukh lahir untuk etnis Pathan. Shah Rukh ayah datang untuk Gurgaon dari kissa Kahani Bazaar di Peshawar sebelum Pemisahan India, sementara keluarga ibunya berasal dari Rawalpindi, yang juga di Pakistan saat ini. Shah Rukh memiliki saudara bernama Shehnaz, yang penuh kasih dikenal sebagai Lalarukh. Dia menghadiri St Columba's School di mana ia excelld dalam olahraga, drama, dan akademisi. Ia memenangkan Pedang Kehormatan, penghargaan tahunan diwariskan kepada siswa yang mewujudkan semangat sekolah. Dia kemudian menghadiri College Hansraj (1985-1988) untuk mendapatkan gelar sarjana di bidang Ekonomi. Setelah ini, ia belajar untuk gelar Master di Mass Communication di Jamia Millia Islamia University.
Setelah kematian orang tuanya, Shah Rukh pindah dari Gurgaon ke Mumbai pada tahun 1991. Dia kemudian menikahi Gauri Khan dalam upacara pernikahan Hindu. Mereka memiliki dua anak, putra Arya (lahir tahun 1997) dan putri Suhana (lahir tahun 2000).
seukuran patung lilin Shah Rukh adalah disimpan di museum lilin terkenal Madame Tussauds, London. Diumumkan kepada publik pada bulan April 2007. Shah Rukh telah dipilih untuk Ordre des Arts et des sastra (Ordo Seni dan Sastra) penghargaan dari pemerintah Perancis untuk "karir yang luar biasa" nya.
Karir
Shah Rukh memulai karir aktingnya pada tahun 1988 muncul dalam serial televisi Fauji disebut memainkan peran Commando Abimanyu Rai. Dia melanjutkan untuk tampil di beberapa serial televisi lainnya terutama muncul pada tahun 1989 Circus serial, yang menggambarkan kehidupan sirkus dan disutradarai oleh Aziz Mirza. Pada tahun yang sama ia juga memiliki peran kecil dalam bahasa Inggris yang dibuat-untuk film-televisi Annie Dalam Yang Memberi itu Mereka Ones, yang ditulis oleh Arundhati Roy dan berdasarkan kehidupan di Delhi University. Dia menjadikan Bollywood debut film di Deewana (1992), yang merupakan box office hit dan meluncurkan karirnya di Bollywood. kinerja debut Nya dia memenangkan Filmfare Best Male Debut Award. kedua rilis Nya Maya Memsaab dikenal untuk masalah kontroversial sebagai Khan muncul dalam apa yang merupakan "adegan eksplisit di Bollywood" adegan seks untuk film ini.
Pada tahun 1993 ia memenangkan penghargaan untuk penampilannya sebagai pembunuh dan seorang pencinta obsesif di box office hits Baazigar dan Darr. Dia memenangkan pertama Filmfare Award Aktor Terbaik untuk penampilannya dalam Baazigar. Dia juga dihargai karena perannya sebagai pecundang muda di Kundan Shah Kabhi Haan Kabhi Naa, yang diterima dia Filmfare Award Aktor Terbaik (kritikus) pada tahun yang sama. Pada tahun 1994 Khan sekali lagi memainkan kekasih obsesif / peran psiko di Anjaam. Meskipun film itu tidak sukses box office, kinerja Khan dalam peran negatif yang dia Filmfare Best Award penjahat.
Pada tahun 1995 ia membintangi debut sutradara Aditya Chopra Dilwale Dulhania Le Jayenge, yang merupakan sukses kritis dan komersial dan telah memasuki tahun ke-12 di bioskop Mumbai, terlaris lebih dari 12 miliar rupee dan menjadikannya sebagai salah satu film blockbuster terbesar.
Tahun 1996 merupakan tahun yang mengecewakan untuk Raja Khan, karena semua film-filmnya yang dirilis tahun itu menjatuhkan diri. 1997 berarti comeback kecil, seperti rilis pertama, Yash Chopra untuk Pagal Hai Dil melanjutkan untuk yang kedua film terlaris tahun. Pada tahun yang sama ia juga telah sukses dengan Pardes Subhash Ghai, yang merupakan salah satu hits terbesar tahun dan cukup sukses film Aziz Mirza Ya Boss.
Shah Rukh disambut dengan sukses serupa pada tahun 1998 membintangi debut arah Karan Johar Kuch Kuch Hota Hai, yang merupakan hit terbesar tahun dan dia memenangkan keempat penghargaan Aktor Terbaik di Filmfare. Ia juga mendapat pujian kritis untuk penampilannya dalam Mani Ratnam's Dil Se, yang tidak melakukannya dengan baik di box office di India, tetapi mendapatkan koleksi yang baik di luar negeri.
Tahun 2000 melihat keberhasilan yang baik, dengan film kedua arah Aditya Chopra's Mohabbatein baik-baik di box office, dan Mansoor Khan Josh hit. Dia mendapat pujian kritis untuk penampilannya di bekas, yang memenangkan penghargaan kedua dia untuk Aktor Terbaik (kritikus) pada Filmfare. Pada tahun yang sama, ia mendirikan rumah produksi sendiri Dreamz Unlimited dengan Juhi Chawla. Kedua Shahrukh dan Juhi membintangi film pertama dari rumah produksi mereka Phir Bhi Dil Hai Hindustani. Dia juga memainkan peran pendukung di Kamal Hassan Ram Hei, di mana dia menerima banyak pujian meskipun film ini adalah kegagalan di box office.
Pada tahun 2001, ia bekerja sama dengan Karan Johar untuk kedua kalinya dalam film drama keluarga Kabhi Khushi Kabhie Gham, yang merupakan salah satu hits terbesar tahun ini. Dia juga menerima ulasan menguntungkan untuk kinerja sebagai Kaisar Asoka dalam wiracarita Asoka sejarah. Pada tahun 2002, SRK memainkan peran judul dalam Devdas pemenang penghargaan Sanjay Leela Bhansali's periode roman dan drama romantis Chalte Chalte yang merupakan hit-semi. Dia kemudian membuat film ketiga dengan Karan Johar sebagai penulis dan Nikhil Advani sebagai direktur dari drama romantis Kal Ho Naa Ho. Film ini adalah salah satu hits terbesar tahun di India dan di pasar luar negeri juga. Shahrukh kinerja di film sebagai orang dengan penyakit jantung memukul akord dengan khalayak di mana-mana
2004 terbukti menjadi tahun yang baik bagi Khan komersial serta kritis. Dia membintangi Main Hoon Na, yang merupakan debut sutradara koreografer Farah Khan. Film ini berhasil di box office, sementara Yash Chopra Veer-Zaara merupakan hit terbesar tahun itu. Penampilannya di kedua jauh lebih dihargai dan dia memenangkan berbagai penghargaan pada upacara beberapa penghargaan. Khan juga mendapat pujian kritis untuk penampilannya dalam Swades Ashutosh Gowariker, yang memenangkan dia Filmfare Best Actor Award untuk keenam kalinya meskipun film ini adalah kegagalan box office. hanya film Nya rilis utama pada tahun 2005 adalah film fantasi Paheli, yang tidak berhasil di box office, tapi menang dia pujian.
Pada tahun 2006 ia sekali lagi bekerja sama dengan Karan Johar untuk film Kabhi Alvida Na melodrama Kehna, yang berhasil di India dan menjadi hit terbesar di pasar luar negeri. Tahun yang sama ia memainkan peran judul dalam Don, sebuah remake dari film 1978 hit Don, yang juga sukses. rilis pertamanya di tahun 2007 adalah olahraga film Chak De India, yang dirilis pada tanggal 10 Agustus 2007. Khan mendapat review bagus untuk penampilannya sebagai pelatih tim hoki seorang gadis dalam film. Meskipun awal yang rendah di box office, film ini telah dinyatakan blockbuster, sekaligus menjadi salah satu hits terbesar tahun. film mendatang Nya adalah Om Shanti Om, yang dijadwalkan akan dirilis pada tanggal 9 November 2007 dan sudah salah satu film paling ditunggu tahun.
Sebagai seorang Producer
Khan juga telah menghasilkan beberapa film ia telah membintangi, tetapi telah berhasil dicampur baik sebagai produser dan bintang film-filmnya. Ia mendirikan sebuah perusahaan produksi bernama Dreamz Unlimited dengan Juhi Chawla dan sutradara Aziz Mirza pada tahun 1999. Yang pertama dua film yang diproduksi dan membintangi: Phir Bhi Dil Hai Hindustani (2000) dan Asoka (2001) yang sayangnya kegagalan kotak kedua kantor. Film ketiga-Nya, sebagai produser dan bintang, Chalte Chalte (2003), adalah pertama box office hit dari rumah produksinya. Pada tahun 2004 ia mendirikan sebuah perusahaan produksi bernama Merah Cabe Hiburan dan diproduksi dan membintangi Main Hoon Na, yang lain memukul di box office. Pada tahun 2005 ia memproduksi dan membintangi film fantasi Paheli, yang merupakan kegagalan box office. Itu adalah pemilihan India untuk Academy Awards (kategori film asing) tapi tidak menang. Pada tahun yang sama ia juga co-menghasilkan film horor Kaal supranatural dengan Karan Johar dan dilakukan jumlah item untuk film dengan Malaika Arora Khan. Kaal ini cukup sukses di box office. Film mendatang yang diproduksi oleh perusahaannya Merah Cabe Hiburan Om Shanti Om, yang juga akan bintang masuk
Sebagai Host Televisi
Khan terpilih sebagai tuan rumah seri ketiga dari game show populer Kaun Banega Crorepati, versi India Siapa yang ingin menjadi jutawan? Pada tahun 2007 mengambil alih dari host Amitabh Bachchan asli yang telah menjadi tuan rumah pertunjukan dari 2000 hingga 2005. Pada Senin, Januari 22 Juni 2007, "KBC" disiarkan dengan Khan sebagai tuan rumah baru. Musim berakhir pada tanggal 19 April 2007.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar